Saturday, April 04, 2009

Mind | Conscious, Unconscious, Subconscious

Berbicara tentang Mind seringkali tidak berujung. Karena masing-masing orang punya definisi sendiri tentang apa itu sebenarnya "kuasa" dibalik diri masing-masing. Sang pengendali otak, sang pengendali tubuh, pengambil keputusan, pencinta Sang pencipta, awan electron yang memungkinkan manusia berpikir berbeda dengan makhluk lainnya.

Definisi tokoh imajiner Koh Akiong, Supri, dan Lamhot (hahaha, it was a joke, what would you expect?) mungkin bisa jadi definisi dari masing-masing orang jika ditanya mengenai Mind. Tentunya definisi Deepak Chopra hasil obrolan dengan Audi stands out, yah memang dia yang expert-nya untuk filosofi pikiran, ruh dan jiwa. Setara dengan Stephen Hawking bicara tentang Universe.

Pertanyaan berikutnya :
Apakah pikiran itu hasil dari kerja otak? Atau sebenarnya pikiran lah yang mengendalikan otak? Silakan pertanyaan ini dipikirkan kalo lagi gak ada kerjaan. Aku cuma akan mendefinisikan pikiran menurut para psikolog, yang diambil dari buku favoritku Complete Idiot Guide for Psychology, harta rampasan perang dari seorang Junior yang baik hati :-p

Mind Classification
Berdasarkan psikologi pikiran dibagi menjadi 5 bagian : Conscious Mind (pikiran sadar), Nonconscious Mind (pikiran tidak sadar), Unconscious Mind (pikiran bawah sadar), Subconscious Mind (pikiran bawah sadar juga) dan Preconscious Mind (pikiran semi sadar) . Definisi ini diambil dari sisi fisik saja dimana pikiran adalah bagian dari kerja otak.

a. Conscious Mind
Pikiran sadar adalah kuasa yang mengendalikan apa yang sedang anda lakukan saat ini, yaitu baca blog gak penting :-p. Pikiran sadar juga yang mengendalikan apakah anda akan menyelesaikan membaca post ini penuh, atau langsung mengetikkan alamat situs lain. Juga mengendalikan tangan kanan anda untuk menggerakkan mouse, juga mengendalikan mata anda untuk melihat, juga mengendalikan diri anda untuk berhenti browsing atau meneruskan browsing hingga lelah. Juga pikiran yang sedang berkonsentrasi pada suatu hal saat ini. Pikiran sadar (concious mind) adalah pengendali tubuh dan pikiran anda saat sadar.

Memahami conciousness (kesadaran) meliputi memahami mengapa anda berpikiran seperti ini, mengapa anda marah, mengapa anda sedih, atau mengapa anda tertawa. Seseorang dengan great conciousness memahami setiap detik dari kesadaran mereka dan mengontrolnya dengan baik. Dan langkah pertama untuk memahami kesadaran anda adalah mengetahui bagaimana kesadaran anda bekerja.

Conscious mind berpikir secara logika, linear, sekuensial, tentang saat ini, tentang membaca blog ini dan menyimpannya dalam memori. Conscious mind lah yang menyelesaikan tugas-tugas anda, membersihkan rumah, dan mungkin memerintahkan anda menutup halaman ini ;-).

b. Nonconscious Mind
Adalah pikiran tidak sadar yang mengendalikan tubuh anda secara otomatis. Seperti detak jantung, kontrol hormon, gerak peristaltik atau hal lain. Ia adalah pembantu rahasia anda, yang tidak butuh bayaran apa-apa.

c. Preconscious Mind
Adalah pikiran yang menyimpan memori yang tidak dibutuhkan saat ini, tapi dengan mudah anda panggil saat dibutuhkan. Misalnya jika ditanya berapa kali anda pernah berciuman, pikiran sadar anda belum tentu bisa langsung menjawab namun pikiran preconcious akan memanggil seluruh memori yang berkaitan dengan hal itu. Atau pertanyaan mudah, percakapan apa yang anda lakukan tadi malam?

Saat pikiran sadar selesai melakukan sesuatu, preconscious menyimpannya dalam memori. Ia adalah pembantu anda, istri anda, asisten anda, sekretaris anda.

d. Subconcious Mind
Ini merupakan bagian yang misterius. Subconcious menyimpan memori yang bahkan alam sadar anda tidak ingat pernah mengalaminya. Misalnya ketika seseorang dioperasi dengan bius total saat ia bangun ia tidak dapat mengingat apa yang terjadi. Tapi dengan hipnotis, subconscious mampu menjelaskan percakapan apa yang terjadi di antara dokter bedah. Ia adalah agen rahasia anda, namun juga titik lemah anda.

e. Unconscious Mind
Ini merupakan bagian yang tidak secara sadar ikut mengontrol tubuh dan pikiran anda, mengasosiasikan pikiran dan perasaan, melakukan kesimpulan, atau melakukan self defence mechanisme. Ketika melakukan multitasking seperti mengemudi misalnya. Mata anda melihat jalan, spion kanan, spion kiri, cewek yang sedang lewat, atau rumah makan favorit; Sementara tangan dan kaki mengendalikan mobil dengan caranya sendiri. Pikiran anda bisa jadi melanglang buana namun mobil tetap berjalan seperti yang seharusnya. Unconcious mengontrol gerakan refleks, otomatis, dan menyimpan memori yang mungkin tidak anda sadar ingin menyimpannya atau menghapusnya.

Menurut Freud, unconcious mind mengontrol memori dan perasaan yang dibutuhkan oleh anda secara tidak sadar. Menghapus pikiran yang mengerikan dan traumatis, menyimpan lirik lagu atau nomer telepon, dan database terhadap gerak refleks . Saat anda sedang bekerja dan pikiran anda menyanyikan sebuah lagu, itulah unconcious yang sedang bersenang-senang. Saat anda patah hati dan ingin melupakan, itulah unconscious yang perlahan menghapusnya. Saat anda memainkan Canon in D dengan piano, unconscious membantu pikiran sadar mengikuti ritme dan melodi. Saat anda bermimpi, itulah alam yang disediakan alam unconscious anda.

Ia adalah guru anda, penasehat anda, peramal pribadi, psikolog anda, nurani anda, seniman dalam diri anda, yang menjadikan anda seorang homo sapiens yang berbudaya.

The Noosphere - tempat tinggal dari pikiran bawah sadar.
Menurut Carl Jung, unconscious dan subconscious hidup dalam satu alam dimana seluruh manusia sebenarnya terkoneksi (Archetype). Itulah sebabnya terkadang seseorang mampu merasakan perasaan orang lain, atau bahkan membaca pikiran orang lain. Itulah sebabnya kadang saudara kembar bisa merasakan perasaan saudaranya yang jauh. Itulah sebabnya seorang istri mampu merasakan apa yang ada dalam pikiran suami ketika berselingkuh.

Bukan pikiran sadar yang terbaca, namun pikiran bawah sadar yang menyampaikan informasi itu. Anda bisa mengalihkan pikiran supaya orang tidak mengetahui apa yang sedang anda pikirkan, tapi bisakah anda mengalihkan pikiran bawah sadar anda?

That's why, sometime I could hear you :-p

12 comments:

  1. Ini namanya konsumen otak...hehehe..

    ReplyDelete
  2. Salam
    Ulasan menarik, dan sptnya semuanya kerja otak spt itu sudah dirasakan *ya iyalah :)

    ReplyDelete
  3. lacan said, "i am where i do not think".

    ReplyDelete
  4. huum..human brain's work. kalo dilengkapi neuro-science makin menarik nih..

    ReplyDelete
  5. great post mate,.
    jadi kalo kita merasa apa yg dia rasakan itu bukan karena sehati yaks gyahahaha

    ReplyDelete
  6. Keren banget mas artikelnya..
    Ini tentang ilmu Hynosis dan NLP Khan..

    Saya suka dgn postingnnya :)

    ReplyDelete
  7. Sayang senang dengan tulisan ini mas imam..matur nuwun.....

    ReplyDelete
  8. Mas Imam...kayaknya kita punya minat yang sama deh..tapi kalo aku sih lebih ke psikolagi orang-orang...
    Sebelum ini aku pikir yang penting hanya subconcious dan consious doang...
    Thanks for the input :D

    ReplyDelete
  9. wah thx ya mas
    nice article. dapet ilmu nih.

    ReplyDelete
  10. otak adalah pusat dari semua indera kita
    ciye kayak tau aja.hehehe
    artikelnya mantep mas
    supaya banyak org tau ttg cara kerja otak
    salam kenal

    ReplyDelete
  11. Tulisan anda cukup menarik..
    Sukses ya...
    Link exchange plizz...

    ReplyDelete