Saturday, March 21, 2009

Mind or Brain | Part 2

Apa bedanya Mind dengan Brain, pikiran dengan otak? Mana sebenarnya yang merenungkan tentang kejadian hari ini, Mind atau Brain? Kalau orang sudah gila, apanya yang rusak, Mind atau Brain? Trus bedanya apa, Mind atau Brain? Hahaha, gak jelas ya. Ngapain juga otak disuruh mikirin pertanyaan beginian.

Jawaban asalnya kira-kira begini :
- Mind atau pikiran itu ya software, seperti Windows atau Linux. Nah kalo Brain itu hardware, termasuk prosesor, hardisk, sama RAM. Nah, kebetulan saya ada barang baru, dari China. Prosesor 3 Giga, Hardisk 100 Giga. Bisa buat nge-game DOTA atau simpen film Miyabi banyak deh. Murah, nanti didiskon deh. Gimana?
(Koh Akiong, pedagang komputer, Glodok)

Mind adalah sebuah jiwa yang suci, yang menggerakkan tubuh, yang memerintahkan kita untuk melakukan kebaikan. Brain hanyalah fisik, yang memungkinkan mind terhubung dengan tubuh kita ini. Hidup ini semu anakku, bertobatlah. Karena ruhmu akan kembali kepada sebuah kesadaran yang abadi. Ooh jiwa-jiwa yang suci, jangan sekali-kali kamu...
(Sudra, filsuf spiritual, penggemar Ahmad Dhani)

Sebuah bangsa yang besar berasal dari pemikiran yang besar, yang dipimpin oleh seorang pemimpin bangsa yang memperhatikan kesejahteraan masyarakat kecil. Seorang dengan Great Mind, seperti saya. Jangan sampai dipimpin oleh otak yang bobrok, otak korupsi, otak cari untung. Jangan lupa contreng gambar kepala kadal, no 5. Jangan lupa No 5 !!
(Dr.Sujadi Sarwoguno, ST, MM, MBA - Caleg DPRD)

Halah mas. Jaman lagi krisis, harga barang naik, ngapain sih mikirin otak atau pikiran. Yang ada otak saya sekarang lagi pusing, karena banyak pikiran. Ngerti gak bedanya? (Supri, karyawan pabrik)

Gak aada otaknya abang ini. Tak taunya saya sedang sibuk. Cem mana tanya-tanya tentang otak, kalo mau beli otak-otak itu abang cari di terminal, sebelah bengkel. Apa pula pikiran abang tanya itu sama saya? Sudah lah bang, saya lagi kejar setoran ini!!
(Lamhot, supir bis Kopaja)

Hahaha, what about your answer? Jawabanmu apa?
Lagi males posting serius. Pikir sendiri dengan otak ya, bedanya apa. Minggu depan aja dilanjutin tentang Brain or Mind ini.
Have a nice weekend every one..

10 comments:

  1. menurutku bukan pendapat asal kalo mmang ini didasarkan pada keinginan mensurvei pendapat, apapun bisa didefinisikan menurut batas intelektual masing2, dan menuruku mind itu mikir brain itu otak.

    xixixixiixxi ngaco akunya xxixixixiix

    ReplyDelete
  2. Prend...gw da bikin sketsanya...
    tolong masukannya...

    ReplyDelete
  3. Thanks, sngat membantu

    ReplyDelete
  4. mind my brain will ya....heuhueuehuhehehehhehehhhhh

    ReplyDelete
  5. Tadi jadi ngobrol sama Mas Deepak Chopra, dia bilang begini :

    There are many flaws to the usual scientific explanation that “mind is what the brain does.” Some scientists propose that exactly the opposite is true. Mind is the controller of the brain. In their view, the mind is like an electron cloud surrounding the nucleus of an atom. Until an observer appears, electrons have no physical identity in the world; there is only the amorphous cloud.

    The mind has always been able to change the brain.

    If mind comes before brain, then what if mind belongs to all of us? The brain belongs to “me,” but if ideas belong to “us,” then we are participating together in a field, sometimes quite mysteriously.

    Mudah2an mas Imam ngerti, kata mas Deepak. :-p

    ReplyDelete
  6. To kocin :
    Mind your own, defrag is the best :-p

    To Audi :
    Wah salam tuh sama Deepak Chopra
    Hebat euy, bisa ngobrol :-p

    I agree much, mind is something different plane with our physic. A cloud of forces, controlling our brain. Panjang kalo dibahas, next time may be :-)

    I definitely agree with Deepak, in this small discussion.

    ReplyDelete
  7. pendapatnya koh akiong lucu juga yah.. masa dimintai pendapat tentang mind dan brain terus jawaban doi disangkut pautkan ama dagangannya. kayanya ini jokes deh, ya kan bro ?

    ReplyDelete
  8. kalajengkingnya editannya da jadi bro.....

    ReplyDelete
  9. brain itu ya salah satu organ tubuh manusia, sedangkan mind ya pikiran manusia......
    bener ato betul itu ya :D

    ReplyDelete
  10. brain artinya otak
    mind artinya pikiran
    heheh itu terjemahan aja
    salam kenal

    ReplyDelete