Tuesday, December 01, 2009

2012 | Apel di atas kepala fotografer

Bayangkan sebuah apel yang dijatuhkan 3000 m di atas permukaan bumi dari sebuah helicopter yang sedang melayang di tempat. Apel itu tepat vertikal di atas kepala seorang fotografer yang sedang mengambil gambar model berpakaian minim untuk sebuah film 17 tahun.
Pertanyaannya?
Apakah apel akan mengenai kepala sang fotografer dan membubarkan pesta bikini?

Nah, apa hubungannya dengan judul post kali ini?
Hollywood baru saja merelease 2012 versi komersial. Film total destruction yang mengambil keuntungan dari rumor semi ilmiah semi klenik mengenai tahun 2012. Tahun yang oleh banyak ilmuwan diprediksi memiliki anomali dan oleh peramal dijadikan komoditi baru untuk pertanyaan seputar kiamat. Mungkin sedikit coba dipisahkan mana yang fiksi dan mana yang science.

Sepengetahuan saya, ini fakta ilmiah yang telah diprediksi oleh ilmu pengetahuan :
1. Galactic Alignment, mengenai matahari akan satu poros dengan pusat Galaxi
2. Solar Storm, ledakan korona matahari yang mencapai puncak di 2011 dan 2012
3. Global Warming, kenaikan temperatur yang melelehkan es di kutub
4. Supervulcano, Yellow Stone sebagai cadangan magma terbesar di dunia saat ini
5. Magnetic Shift, kemungkinan perputaran kutub magnet yang terjadi beberapa ribu tahun.
Selengkapnya klik Mozaic at World New Day 2012 yang tahun lalu saya iseng tulis (dan akhirnya sedikit dikomentari secara kontroversial) sebagai artikel investigasi sebelum ada ribut-ribut mengenai film yang menyebabkan tempat ibadah saat ini ramai kembali dikunjungi para umat ^_^.

Nah apa hubungannya dengan buah apel di paragraf awal?
Seandainya dunia hanya terbangun atas sistem yang bisa diprediksi maka ilmu pengetahuan memastikan buah apel akan jatuh mengikuti gravitasi di kepala sang Fotografer dengan kecepatan lebih dari 100 m/s atau 360 km/jam dan membuyarkan isi kepala dari fotografer tersebut. Dan itu berarti tahun 2012 akan dipenuhi dengan orang-orang yang membuat perahu besar untuk menyelamatkan diri.

Namun hidup adalah gabungan antara system dan attractor yang ada di dalamnya, sebuah system yang terdiri atas kombinasi antara keteraturan dan chaos yang teratur. Sedikit saja buah apel itu melewati udara bertekanan maka arah jatuh dari apel akan berubah. Dan lebih dari 6 milyar manusia yang hidup di dunia ini apabila lebih peduli pada bumi (dan lebih banyak berdoa), maka prediksi linier ilmu pengetahuan untuk 2012 mungkin berubah arah.
Seperti halnya buah apple.

Dan seperti semua yang berjalan saat ini, bahkan sang waktu, tetap saja tunduk pada sang Empunya. Tidak ada yang terjadi di luar kehendak-Nya.

Maka menurut saya, ingat saja buah apel dan bubarnya pesta bikini seandainya anda takut setelah nonton film 2012.

Salam

3 comments:

  1. Salam,
    Saya ndak takut soalnya ndak nonton, eh tapi klo nonton juga belum tentu merasa takut, entahlah ga interest nonton juga siy, media ga ada kerjaan gede2in tuh film, norak aja cara promosinya hehe..
    Nurut aku faktanya kita hanya mempunyai hari ini (detik ini malah) dan kenangan, jadi untuk apa mencemaskan keburukan yang mungkin akan kita terima atau kebaikan yang mungkin belum kita terima. *IMHO :)

    ReplyDelete
  2. wahhh.. wahh.. udah lama gak menyimak tulisan mas Imam, kebetulan kembali lagi baca tulisan di atas dengan topik yang sangat mengusik... "2012?? KIAMAT?? dan, CHAOS-Theory??" well, jalinan yang menarik...
    setuju banged atas pernyataan [bahwa] "hidup adalah gabungan antara system dan attractor yang ada di dalamnya, sebuah system yang terdiri atas kombinasi antara keteraturan dan chaos yang teratur."

    Dalam bahasa lain : even if the flow of life is not laminar, even when there is a small turbulence... both the normality and intrusion would not significantly affect the biggest-stream: DESTINY!

    ReplyDelete